A. Latar Belakang
Lomba Burung Berkicau bisa diartikan juga Lomba Seni Suara
Burung. Tentunya yang menjadi penilaian paling utama adalah kualitas
berkicaunya (irama lagu) burung. Bukan gaya jogetnya burung, bukan kandang
burung yang bikin mata silau dan bukan apa/siapa pemilik burung tersebut. hal
terpenting yang harus perhatikan untuk mencetak burung yang berprestasi di
Arena Lomba, adalah aspek kualitas irama lagu. Irama lagu burung yang menawan,
tidak muncul tiba-tiba dengan sendirinya, burung harus dimaster secara tepat.
Timbulnya suatu peluang usaha dari sekedar hobby memelihara burung dan akhirnya
terfikir membuat tempat kontes burung yang menarik para peserta penghobby
kontes burung.
Sebelum mendirikan usaha kontes burung terlebih dahulu
Mendirikan Club Burung, saya beri nama Karanggan Bird Club (PMM), merupakan
suatu komunitas maniak penghoby burung yang dari berbagai kalangan berkumpull
dalam satu hobby untuk mengembangkan komunitas berbagai suara jenis kicauan
burung. Bukan sekedar hobby saja tetapi menjadi suatu peluang usaha bagi
pendiri dan anggota PMM untuk mendirikan
Perlombaan kontes burung di Karanggan.Peluang mendirikan kontes burung oleh PMM
merupakan potensi yang sangat besar karena dengan adanya koneksi antara pecinta
Hobby burung dari berbagai kalangan masyarakat PMM mengajak Club burung lain
untuk adu dan kontes dengan Club lain di tempat kontes PMM.
B. Elemen-elemen
utama yang ditawarkan oleh PMM dengan tempat kontes burung lain adalah :
·
Tempat kontes yang nyaman dan aman bagi peserta
·
Layanan pembelian Tiket yang berteknologi Via
Online dan bisa langsung.
·
Hadiah yang menarik untuk pemenang kontes
·
Tempat yang strategis dapat di akses oleh
pengunjung
·
Juri yang jujur dan menilai sesuai dengan
prosedur penjurian kontes
·
Tahap awal dari rencana Bisnis ini adalah
membuka tempat kontes seluas 1500 m.
Karanggan Bird Club (PMM)
Para pemilik burung ingin burung jagoannya menjadi jawara.
Maklum, jika menang dan mendapat selembar sertifikat juara, harga burung ocehan
bisa melonjak hingga berlipat-lipat. Oleh karena itu KBC mendirikan usaha
kontes burung untuk membuka usaha para penghobby agar burungnya menjadi Jawara
dan berharga tinggi.
Kontes burung ini akan dilaksanakan di gantangan
mutiara bc majenang timur rsud majenang 100 mter / belakang bioskop cahaya
majenang.
Berikut ini adalah Kontes yang ditawarkan oleh PMM .
1.
Pemula AB hadiah utama Rp 100.000,-
2.
Bintang AB hadiah utama Rp 150.000,-
3.
Favorit AB hadiah utama Rp 150.000,-
4.
Penyisihan PMM ABC hadiah utama Rp. 100.000,-
KLASIFIKASI NILAI HADIAH DIBEDAKAN MENJADI:
Klas Hadiah Utama:
Latpres: klas dengan peringkat hadiah paling tinggi
(executive)
Lomba: klas dengan hadiah minimal Rp 3.000.000,- ke atas
Klas Hadiah Non Utama:
Latpres: klas dengan ranking hadiah kedua ke bawah (klas
bintang/favofit)
Lomba: klas dengan hadiah kurang dari Rp 3.000.000,-
·
HADIAH LOMBA
Karanggan Bird Clu menyediakan berupa tropi (piala) dan
piagam, Dengan modal jumlah piagam yang bisa dikumpulkan orang bisa membuka
harga juaL gacoan setinggi-tingginya. Piala/tropi kemungkinan akan dipajang di
lemari atau buffet ruang tamu untuk kebanggaan, bahkan beberapa penghobby
membuatkan lemari khusus untuk tropi hasil lomba burung.
Bukan Tropi saja PMM memberikan berupa uang tunai. hadiah
material yang diberikan pemenang paling tinggi berupa barang, misal juara I
mendapat hadiah piagam, tropi, plus vcd player (contoh).
·
JUMLAH PESERTA
Menggunakan asumsi rata-rata peserta berdasarkan pengalaman
pribadi selama mengikuti lomba selama akhir-akhir ini (estimasi berdasar
pengamatan langsung).
ANALISA JURI
Ada 3 Kriteria Dasar Penilaian Lomba Burung Berkicau yang sudah sejak lama disepakati bersama, yaitu:
1. Irama dan Lagu (ini menjadi penilaian yang utama)
Irama lagu adalah suatu bunyi yang memiliki alunan nada
dengan tempo ketukan yang teratur dan serasi. Irama lagu meliputi kombinasi
naik turunnya nada, kombinasi panjang pendeknya nada dan permainan speed irama
yang menjadi harmoni selaras (suatu lagu) yang enak didengar (tidak fals).
Irama lagu yang baik adalah irama lagu yang lengkap
(bervariasi, keaktifan bunyi atau gacor, ada tonjolan, permainan speed
ritme lagu, spasi nada, isian-isian yang sesuai dengan nada-nada yang lain,
tidak terpotong-potong dan tidak diulang-ulang). Irama lagu juga harus
membentuk keserasian bunyi yang harmonis.
Disamping itu, burung harus rajin melantunkan irama-irama
lagu yang memukau sewaktu Lomba. Terlalu lama ngetem dan sering ngetem (kurang
rajin berkicau), menjadi salah satu aspek penilaian di point ini.
2. Volume dan Suara (suara harus bersih, nyaring dan
lantang)
Volume suara disini bukanlah berarti “peak power” atau hanya
kerasnya bunyi suara burung, tetapi lebih menitik beratkan kepada kualitas
suara burung. Bukan volume suara yang paling keraslah yang baik, tetapi harus
ada unsur-unsur lainnya seperti kemerduan suara.
Kualitas volume suara burung yang baik adalah suara burung
yang empuk (medium) tidak cempreng, suaranya bersih (kristal) tidak parau dan
bersuara nyaring (lantang).
3. Fisik dan Gaya (burung tampil dengan baik dan menarik)
3. Fisik dan Gaya (burung tampil dengan baik dan menarik)
Penilaian Fisik dan Gaya Burung meliputi;
3.1 Untuk penilaian Fisik dapat dilakukan dengan penglihatan
secara langsung. Yaitu burung harus sehat, tidak ada cacat (burung dalam
kondisi utuh), warna bulu burung yang baik dan sempurna (bulu tidak kusam) dan
lainnya yang bisa terlihat.
3.2 Untuk penilaian Gaya, ini sangat dinamis tergantung masing-masing karakter jenis burung. Tapi intinya, burung bunyi (berkicau) di atas tangkringan dan tampil menarik sewaktu berkicau.
3.2 Untuk penilaian Gaya, ini sangat dinamis tergantung masing-masing karakter jenis burung. Tapi intinya, burung bunyi (berkicau) di atas tangkringan dan tampil menarik sewaktu berkicau.
Jumlah bendera
Untuk menentukan juara 1, 2 dan 3, maka akan dilihat jumlah
bendera A terbanyak. Untuk menetukan juara 2, dilihat jumlah bendera B
terbanyak, dan satu burung lainnya akan menjadi nomor 3.
Pada kebanyakan lomba, kejuaraan burung diurutkan sampai
nomor 10 (10 besar). Untuk menentukan urutan 4-10, dilihat perolehan jumlah
nilai masing-masing pada kolom irama/lagu (penjumlahan dari penilaian semua
juri).
Nilai tertinggi mendapat gelar juara 4 dan seterusnya. Pada
kasus perolehan nilai sama, misalnya ada enam burung sisanya (dari 10 besar)
yang bernilai sama, maka dilakukan tos (undian). Jadi dalam hal tos ini, bisa
dikatakan bahwa burung juara 5 s.d. 10 berkualitas sama.
Catatan
Untuk dapat mengoptimalkan 3 Kriteria Dasar Penilaian
diatas, memang selayaknya Lomba Burung Berkicau adalah LOMBA TANPA TERIAK. Agar
kualitas irama lagu burung-burung yang di lombakan, benar-benar dapat (dan
bisa) di analisa dan dinilai secara baik oleh para juri.
PELANGGAN
PELANGGAN
Sasaran Peserta dari kontes burung KBC adalah penghobby
burung sejabodetabek, baik yang non profesional maupun Profesional. Dengan
mendirikan kontes burung yang berkelas dan menyediakan berbagai macam
hadiah , kontes burung KBC akan menjadi kontes burung Eksekutif yang berkelas.
Kontes burung KBC berharap tingkat pembelian tiket kontestan
cukup tinggi.
PERSAINGAN
Pesaing utama adalah Komunitas Club burung yang membuka
kontes burung serupa.
Kontes burung KBC bersaing langsung dengan Kontes Burung
Cikeas Bird Club, Bogor Nirwana Bird Club dan lain-lain.
C. MANAJEMEN
Struktur manajemen akan berkaitan dengan aspek-aspek :
Profesionalisme panitia kontes
Keahlian Penilaian Juri berdasarkan (PBI) PELESTARI BURUNG
INDONESIA
D. PROYEKSI
KEUANGAN
Modal
Ringkasan modal adalah sebagai berikut :
Biaya sewa
tanah
Rp. 25.000.000
Biaya rancangan interior
Rp. 5.000.000
Peralatan
Rp. 30.000.000
Biaya Tropi dan
Sertifikat
Rp. 2.000.000
Biaya Izin pendirian Kontes ke
PBI
Rp. 10.000.000
Biaya Dorprize dan hadiah
lomba
Rp. 60.000.000
Lain-lain
Rp. 5.000.000
Rp. 137.000.000
E. PENJUALAN
Asumsi penjualan tiket tahap awal adalah rata-rata 1.600
orang setiap even dari 6 bulan pertama.
F. Asumsi
Gaji
Manajemen akan membayar gaji tiap bulannya :
Ketua Pelaksana
2.000.000
Panitia
Tiket
1.000.000
Panitia Hadiah &
Dorprize
1.000.000
Panitia Kordinasi lapangan
1.000.000
Juri
1.500.000
Tergantung peserta dalam 1 bulan 8 kali even (Sabtu dan
minggu)
PENAWARAN SPONSORSHIP
·
Pihak pemberi sponsor membiayai dana kegiatan
sebesar Rp13.000.000,00.Pemegang Platinum
Progam mendapatkan keuntungan dari:
Ø Pencantuman logo dan nama instansi dalam
setiap media publikasi baik elektronik maupun cetak, selama dan sebelum
kegiatan.
Ø Pencantuman logo pada spanduk utama dan setiap
spanduk kegiatan .
Ø Ads lips oleh pembawa acara pada pembukaan dan penutupan setiap
acara
Ø Pencantuman logo dan nama instansi
pada baju kaos panitia.
Ø Mendapatkan kesempatan mempublikasikan
produk atau instansi dalam bentukstand dan atau berupa media iklan
lainnya.
Ø Pemasangan banner di sekitar wilayah
kegiatan.
Ø Pencantuman logo pada ID Card panitia.
·
Pihak pemberi sponsor membiayai dana
kegiatan sebesar Rp 8.000.000,00.Pemegang Gold
Program mendapatkan keuntungan dari:
Ø Pencantuman
logo dan nama instansi dalam setiap media publikasi baik elektronik maupun
cetak, selama dan sebelum kegiatan .
Ø Pencantuman
logo pada spanduk utama dan setiap spanduk kegiatan.
Ø Ads
lips oleh pembawa acara pada pembukaan dan
penutupan setiap acara seminar.
Ø Pencantuman
logo dan nama instansi pada baju kaos panitia.
Ø Mendapatkan
kesempatan mempublikasikan produk atau instansi dalam bentuk stand dan
atau berupa media iklan lainnya.
·
Pihak pemberi sponsor membiayai dana
kegiatan sebesar Rp 5.000.000,00. Pemegang Silver
Program mendapatkan keuntungan dari:
Ø Pencantuman
logo dan nama instansi dalam setiap media publikasi baik elektronik maupun
cetak, selama dan sebelum kegiatan .
Ø Pencantuman
logo pada spanduk utama dan setiap spanduk kegiatan.
Ø Ads
lips oleh pembawa acara pada pembukaan dan
penutupan setiap acara.
·
Pihak pemberi sponsor membiayai dana kegiatan
sebesar Rp2.500.000,00.Pemegang Additional Program mendapatkan keuntungan
dari:
Ø Pencantuman
logo pada spanduk utama dan setiap spanduk kegiatan.
Ø Pencantuman
logo pada media publikasi cetak
·
Pihak pemberi sponsor membiayai salah
satu macam keperluan pada anggaran dana dalam bentuk sponsorship atau kerjasama
dengan pilihan:
Ø Spanduk
Ø Tenda
Ø Media
Publikasi cetak / elektronik
Ø Piala
Ø Hadiah
uang pembinaan
Ø Pencantuman
logo terbatas pada pilihan yang dibiayai.
KETENTUAN SPONSORSHIP
1. Waktu dan Materi Sponsorship
a. Kesediaan untuk menjadi sponsor
selambatnya-lambatnya diterima panitia pada tanggal 2 April 2012.
2. Bentuk Penawaran Sponsorship
a. Materi sponsor dapat disediakan oleh
panitia atau berasal dari sponsor.
b. Kepastian akhir dari
pihak sponsor selambat-lambatnya diterima oleh panitia seperti
tersebut diatas.
c. Materi publikasi harus diserahkan pada
panitia selambat-lambatnya tanggal2 April 2012.
3. Cara Pembayaran
a. Pembayaran pertama (uang muka)
sebesar 50% dari keseluruhan jumlah yang harus dibayar (biaya total), dan
dilakukan saat menyatakan kesediaan berpartisipasi atau selambat-lambatnya pada
tanggal 2 April 2012.
b. Pembayaran kedua adalah pelunasan
sebesar 50% dari biaya total dan dibayarkan paling lambat 25 April
2012.
4. Pembatalan Sponsorship
a. Dari pihak sponsor :
ü Sponsor yang telah membayar uang muka
yang telah disepakati tidak dapat mengambil kembali uang muka tersebut
jika mengundurkan diri sebagai pihak sponsor.
ü Pengunduran diri setelah tanggal 25
April 2012 dikenakan sanksi pembayaran penuh.
ü Pengunduran diri sebelum tanggal 25
April 2012, 60% dari biaya total yang telah dibayarkan menjadi
hak panitia.
ü Diluar ketentuan diatas, panitia berhak
menentukan kebijaksanaan.
b. Dari pihak panitia :
ü Akan dikembalikan sebesar yang telah
diterima oleh panitia.
5. Ketentuan-ketentuan Lain
a. Panitia tidak bertanggung jawab atas
kesalahan pada materi iklan diperoleh dari pihak sponsor dalam
bentuk jadi.
b. Panitia tidak menutup kemungkinan dari
pihak sponsor untuk bekerjasama atau berpartisipasi dalam bentuk lain.
c. Ketentuan yang belum diatur dalam
proposal ini dapat dilakukan atas kesepakatan bersama.
d. Panitia dapat melakukan klaim kepada
pihak sponsor jika pihak sponsor menyalahi ketentuan sponsorship.
6. Tata Cara Pembayaran
Pembayaran dilakukan via transfer ke
nomor rekening berikut:
Rekening Bank Kalsel Cabang Banjarbaru
Nomor Rekening : 011.03.28.03881.4
a/n: Taufik Rozana Rahman, S.Pd
atau secara langsung melalui panitia yang bersangkutan
G.
Penutupan
Demikian proposal ini dibuat dan disampaikan agar dapat digunakan bahan
pertimbangan yang akan mendukung jalannya kegiatan yang di adakan PMM
Akhirnya kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak atas segala bantuannya
dan pertisipasinya, semoga amal bakti kita semua mendapat ridho Tuhan Yang Maha
Esa.